Selasa, 01 Mei 2012

enterobius vermicularis

ENTEROBIUS VERMICULARIS
(OXYURIS VERMICULARIS)







Oleh :
       Jamaludin




AKADEMI KEPERAWATAN Dr. SOEDONO MADIUN







ENTEROBIUS VERMICULARIS
(OXYURIS VERMICULARIS)
                                                                              
Kingdom  : 
Animalia
Filum        :
Nematoda
Kelas         :
Subclass    :
Order         :   
 Keluarga   :
Genus        :   
Enterobius

MORFOLOGI

Cacing betina memiliki panjang 8-13mm. Sedangkan yang jantan 2-5mm.
Dewasa: berbentuk spindle/seperti otot, warna putih, terdapat pelebaran cuticula/cervical alae pada leher, terdapat bulbus aesophagii pada bagian anterior, dan pada cacing jantan ujung posterior melengkung ke ventral terhadap spiculae.
Telur: ukuran 50-60 x 20-30 mikron, bentuk asimetris, plano convex, satu dinding agak datar dan dinding yang lain cembung. Dinding tebal dan transparan, berisi unsegmented ovum sampai larva, terapung dalam larutan garam jenuh, sifatnya ringan dan tahan kekeringan, cacing betina memproduksi telur 5-15 ribu butir/hari


HABITAT
Biasanya menempati daerah bagian bawah ileum, cecum dan colon. Cacing ini menempel pada mucosa usus dan kadang-kadang pada sub-mucosa.


DISTRIBUSI
Cacing kremi ini memiliki distribusi di seluruh dunia,  dan yang paling umum infeksi di Amerika Serikat dan Eropa Barat. Di Amerika Serikat, sebuah studi oleh Pusat Pengendalian Penyakit melaporkan keseluruhan kejadian sebesar 11,4% di antara orang-orang dari segala usia. Cacing kremi sangat sering terjadi pada anak, di kelompok usia ini yang telah dilaporkan setinggi 61% di India, 50% di Inggris, 39% di Thailand, 37 % di Swedia, dan 29% di Denmark. Dengan menghisap jari dan menggigit kuku telah terbukti dapat meningkatkan baik kejadian infeksi, Karena menyebar dari host ke host melalui kontaminasi. Cacing kremi adalah umum di antara orang yang tinggal di kontak dekat, dan cenderung terjadi pada semua orang dalam rumah tangga.












SIKLUS HIDUP


Kehidupan seluruh siklus dari telur hingga dewasa terjadi dalam saluran pencernaan manusia dari sebuah host manusia tunggal.
Menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi telurnya. Dapat juga melalui udara yang mengandung telur cacing yang berasal dari pakaian atau tempat tidur penderita lalu terhirup bersama udara pernafasan.
Telur menetas dalam duodenum, kemudian cacing kremi menghasilkan larva yang tumbuh pesat dan bermigrasi melalui usus kecil menuju usus besar. Selama migrasi ini mereka akan berubah menjadi dewasa. Cacing betina dapat bertahan selama 5 sampai 13 minggu, dan cacing jantan sekitar 7 minggu. Cacing betina dan jantan bertemu diileum, dimana setelah itu cacing kremi jantan biasanya mati, dan keluar bersama kotoran. Para cacing kremi betina menetas dan menetap di ileum sampai di kolon asendent, di mana mereka menempel pada mukosa. Proses bertelur dimulai sekitar lima minggu setelah konsumsi awal telur cacing kremi. Para cacing kremi betina gravid bermigrasi melalui usus besar menuju anus  dengan kecepatan 12 sampai 14 cm per jam.  Cacing muncul dari anus, dan saat bergerak pada kulit dekat anus, para cacing kremi betina mengeluarkan telur, kemudian hancur  atau  pecah karena manusia menggaruk worm tersebut. Setelah mendepositkan telurnya, cacing betina akan mati. Cacing betina keluar melalui anus karena untuk mendapatkan oksigen yang diperlukan untuk pematangan telur.

PENULARAN
Setelah telur telah awalnya disimpan dekat anus, mereka dapat segera dikirim ke permukaan lain melalui kontaminasi.Permukaan telur lengket saat diletakkan, dan telur dapat segera ditularkan dari deposit awal mereka dekat anus untuk kuku, tangan, sampai pakaian. Dari sini, telur selanjutnya ditransmisikan ke makanan, air, mainan, kamar mandi dan objek lain. Hewan peliharaan sering membawa telur di bulu mereka, sementara tidak benar-benar terinfeksi. Debu yang mengandung telur dapat bercampur dengan udara dan tersebar luas, akibatnya telur dapat terhirup dan bisa masuk mulut kemudian ditelan. Meskipun cacing kremi tidak ketat berkembang biak di dalam tubuh inang manusia mereka, beberapa larva cacing kremi dapat menetas pada mukosa dubur, dan bermigrasi ke usus dan kembali ke saluran pencernaan, Proses ini disebut retroinfection. Meskipun umurnya terbatas, yaitu 13 minggu, perkambangbiakan cacing kremi baik melalui rute anus ke mulut atau melalui retroinfection, menyebabkan cacing kremi menghuni host yang sama tanpa batas.
·        Per oral : tertelan oleh makanan yang terinfeksi cacing
·        Perinhalasi : telur terdapat pada debu sehingga terhirup saat bernafas
·        Auto infection : infeksi melalui tangan(habis menggaruk anus yang gatal) masuk kedalam mulut
·        Retrofection : telur diperianal menetas, keluar larva dan akan masuk melalui anus menuju colon untuk tumbuh menjadi cacing dewasa.


PENGARUH PADA HOST
Karena menimbulkan gatal-gatal pada anus/pruritus ani, sering kali terjadi autoinfeksi. Bisa juga terjadi retroinfection dimana telur cacing menetas didaerah perianal yang lembab, kemudian larvanya naik ke kolon lalu ke intestinum lewat anus.
Infeksi karena enterobius vermicularis biasanya mengenai semua anggota keluarga dan asymtomatis.
Bila infeksinya berat, biasanya menimbulkan priuritas ani yang hebat, insomnia, gelisah dan anoreksia. Pada wanita dapat menimbulkan pruritis vulva dan keputihan.
Bahan pemeriksaan untuk laboratorium adalah melakukan perianal swab(apusan perianal) yang dilakukan pagi hari, sebelum penderita mandi dan buang air besar.


PENCEGAHAN
·       Pencegahan dilakukan dengan meningkatkan hygine pribadi dan menghindari penularan.
·       Pengobatan oleh penderita dan anggota keluarga
·       Potong kuku
·       Mencuci tangan sebelum sesudah makan
·       Orang yang terinfeksi sebaiknya tidur secara terpisah
·       Bila perlu, konsumsi obat cacing secara berkala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar